Tuesday, March 22, 2016

35 Contoh Narrative Text Singkat TERBARU 2016

Masih setia dengan teks cerita? Kenapa? suka? atau karena terpaksa? Apapunlah alasannya tapi inilah 35 contoh narrative text singkat TERBARU. Kata "NARRATIVE" adalah istilah yang SERING disamakn dengan kata "cerita." yaitu kisah-kisah yang ditulis untuk doukumen pribadi seperti diary, tugas akedemik perguruan tinggi, atau alat mengmebangkan skill menulis bagi pribadi.
unsur cerita narative
unsur-unsur yang dibutuhkan dalam menulis cerita naratif
Narasi itu sama dengan menceritakan sebuah kisah, biasanya untuk bebrapa tujuan diantaranya, untuk menggambarkan suatu kebenaran atau wawasan. Berikut adalah beberapa alat untuk membantu Anda memahami struktur teks narasi yang umum dikenal oleh para penulis cerita, yaitu:
1. "Pancingan" (hook) ini adalah awalan yang menggoda dengan cara memberikan pernyataan pembuka tentang cerita yang menarik  agar bisa menimbulkan perhatian pembaca, misalnya: dengan kutipan yang sesuai, pertanyaan yang menohok, fakta unik, atau definisi.

2. Aturan paten adegan. Ini  memberikan informasi kepada pembaca agar memahami
cerita: yaitu siapa karakter utama? Kapan dan di mana adegan itu terjadi?

3. Pernyataan Tesis Sebuah esai naratif tidak sama dengan teks-teks argumen atau esai eksposisi, misalnya:
a. It was sunny and warm out when I started down the path
b. I’ll never hike alone again
c. Journeysbring both joy and hardship.
4. "Konsep menunjukkan jangan menceritakan" Ddengan modal deskripsi yang sangat kuat, objek yang ingin disampiakn seolah bisa dilihat langsung oleh pembaca.  Pembaca lebih suka mengetahui sendiri dari pada diberitahu, misalnya dengan kata-kata berikut:
My heart jumped as the dark shape of the brown grizzly lurched toward me out of the woods

5. Memberikan beberapa bukti dalam tulisan narasi dengan muatan pengalaman pribadi, Anda pengalaman bertindak sebagai bukti yang membuktikan tesis Anda. Makannya semua peristiwa dalam cerita harus meninggalkan suatu pelajaran.

6. Tata aturan waktu yang digunakan dalam cerita, setting of time. Teorinya harus kronologi, dari awal hingga akhir, adalah cara yang paling umum dan jelas untuk menceritakan sebuah cerita.

7. Kata transisi dalam sebuah esai naratif, paragraf baru menandai perubahan dalam aksi cerita. Paragraf harus terhubung dari satu ide ke ide yang lain. Sebagai contoh, akhir dari satu paragraf mungkin:
I turned and ran, hoping the bear hadn’t noticed me
There are many strategies for surviving an encounter with a bear

8. Moral dari cerita menjadi suatu kesimpulan erita. Sebuah narasi dalam kalimat penutupnya harus memberikan kesan moral yang kuat supaya menjadi bahan renungan para pembaca.
struktur teks naratif
Pengertian struktur teks naratif bahasa Inggris

Untuk melihat bagimana bentuk rupa dan struktur tulisan cerita naratif seperti dijelasan diatas, kita bisa menuju dan membaca berbagai jenis cerita yang bisa dimasukkan sebagai NARRATIVE TEXT. Cerita yang berkembang dan tertulis banyak ditengah masayarakat bisa dikelompokkan menjadi beberapa, yaitu fable, fairy tale, foktale, legend, myth, horrors story, love story, and others:

  • Kumpulan narrative text berbagai topik untuk belajr bahasa Inggris di sekolah menengah

Pada setiap jenis cerita naratif diatas diberikan 5 contoh cerita pendek berbahasa Inggris. Demikian 35 CONTOH NARRATIVE TEXT TERBARU 2016. cerita-cerita diatas benar benar baru, pendek alias singkat bin tidak panjang, dan tentu saja sangat bisa dibuat materi belajar bahasa Inggris naratif.

Lebih lanjut gambar-gambar dibawah adalah media untuk mempelajari jenis teks narasi bahasa Inggris. Semuanya menceritakan susunan contoh teks narasi. Ceritanya diambal dari berbagai macam kawasan.

Gambar pertama berupa cerita naratif dari daerah luar negeri dengan judu Angel Bear lengkap dengan analisa strukturnya
contoh teks naratif angel bear
Cerita Angel Bear sebagi contoh teks naratif bahasa Inggris


Gambar cerita teks narasi paling populer sepanjang jaman, snow white dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk belajar teks narasi
snow white sebagi naratif text
Cerita Snow White yang begitu populer dan tidak hilang ditelan masa modern

Gambar cerita the purse of gold, cerita bahasa Inggris yang sangat bagus utuk belajar narasi
narrative purse of gold
Cerita narrative The Purse of Gold beserta generic structureya

Gambar cerita the drover wife untuk menunjukkan struktur teks narasi bahasa Inggris
generic structure naratif drove wife
Cerita The Drover Wife sebagai contoh teks naratif bahasa Inggris

 Gambar cerita narasi romantis tapi tragis, cerita pasangan Romeo dan Juliet
romeo and julita romantis tapi sedih
Cerita romantis namun menyedihkan diakhirnya untuk belajar naratif

Gambar contoh teks narasi the fortunate teller
Cerita fortunate teller bagus naratif nya
Cerita The Fortune Teller contoh narrative dalam bahasa Inggris
Cukup sudah blog contoh narrative text dengan 35 cerita bahasa Inggris . Kalau belum cukup, berarti kaian harus browsing lagi mencari contoh teks narasi lagi, membaca lagi, menakses internet lagi, dn tentu saja itu kalau kalian mau melakaukannya.

No comments:

Post a Comment